Jumat, 27 Februari 2009

Tetapkan Tujuan, Raih Cita Yang Besar

Oleh : Robert Edy Sudarwan
Pemimpin Umum Buletin Az Zukhruf
KAMMI komisariat IAIN Raden Intan Lampung



Richard Robinson mengkategorikan kaum muda sebagai kelas menegah social .yakni mereka datang dari kelas intelektual dengan pengetahuan yang mapan. Kaum muda adalah komunitas berpendidikan dan tercerahkan secara ilmu pengetahuan. Berfikir kritis dan revolusioner dalam bertindak.





Yang menghawatirkan ciri – ciri unik itu semakin sirna perlahan. Kaum muda kurang memperhatikan karakter intelektual yang mengebu – gebu. Teramat sayang ketika kaum muda justru terjebak oleh pragmatisme dan hedonisme. Bahkan ditengarai kaum muda sudah mulai kehilangan identitas diri nya. Generasi hari ini justru lebih percaya diri ketika menjadi orang lain dan malu ketika menjadi diri sendiri.



Kehilangan identitas hari ini merupakan keniscayaan yang tidak dapat terelakkan. Sehingga perjalanan hidup pun seakan kehilangan orientasi yang memaknai. Sungguhpun itu adalah hal yang biasa, namun itu sangat mengkhawatirkan bagi keberlangsungan generasi.



Untuk itu, hal penting yang harus dimiliki oleh generasi muda adalah impian yang besar. Dengan menetapkan tujuan yang jelas harapannya semua itu bisa terbingkai dalam satu gerak yang yang seirama dengan tekad yang membaja.



Orientasai hidup hanya kepada Allah SWT. Menjadikan Allah SWT sebagai satu – satunya tujuan. Menjadikan Rasullullah sebagai satu – satu nya suri tauladan. Menjadikan Al-Qur'an sebagai satu – satunya pedoman dan menjadikan jihad sebagai satu – satunya jalan kehidupan. Dengan demikian kehidupan ini menjadi kehidupan yang penuh dengan makna sehingga tidak. Sehingga tidak terkesan hamapa dan tanpa makna.



Maka, sudah semestinya ketika kita ingin maju dan menetapkan langkah, yang terpenting adalah keberanian mengambil resiko. Salanjutnya kemampuan kita untuk menciptakan tim untuk membantu mewujudkan impian kita. Dan berevolusi dengan dukungan semangat dari dalam diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar